Wednesday 13 July 2011

Mengurus visa schengen di kedutaan besar Italia

Pengurusan VISA ITALIA yang baru ada di link berikut dibawah ini:

 http://www.vfsglobal.com/italy/indonesia/

Cerita ini sudah ga update lagi karena sudah lama.. :)
=======================================================================

Nah ini dia, kalau kalian mau ke eropa (ga pake atau pake tour) dan tujuan pertama serta negara paling lama tinggal di italia, maka pertama kali harus bikin visa di kedutaan Italia di jakarta, jangan diconsulat di bali atau dimana aja, ga bisa mesi dikedubes jakarta.

Alamat Kedutaan Besar Italia : 
Jalan Diponegoro no. 45
Menteng 10310, Jakarta Pusat
Telp : 021-31937445
http://www.ambjakarta.esteri.it/Ambasciata_Jakarta 

Open Hour menyerahkan aplikasi visa nya jam 09:30 - 12:30, dateng nya pagian aja biar dapat nomor paling pertama kalo ga nuggu yang lain cek2 aplikasinya jadi lama. Kalo perlu datang jam 7:30 kaya gw. : )



Pertanyaannya How to get there kan?. Carilah digoogle map arahnya. dari arah bunderan HI gampang tinggal luruh terus lewatin taman suropati.
Atau dari arah Pramuka lalu kearah bioskop megaria kemudian belok kiri kearah taman suropati juga, tapi mesi putar balik dlu, karena posisinya ada disbelah kanan.

Kalau apply sendiri kalau bawa kendaraan sendiri ada baiknya parkir di lapangan parkir bioskop megaria aja. susah parkirnya didepan kedubes karena benar2 dipinggir jalan gtu deh. Abis itu tinggal jalan kaki ke kedubesnya, yah kira2 150an meter de dari bioskop megaria situ. Atau kalau situ pake supir suru jemput lagi kalau da selesai apply.

Bener deh, mending apply sendiri aja daripada suru orang travel, kenapa karena kalau pake travel agent lebih mahal 300rban. tetap aja situ mesi datang menyerahkan aplikasinya sendiri, dan juga si agent travel cuma mastiin checklist dokumen doank.. lo cek aja sendiri deh..hehehehehe :p

Nah bagaimanakah cara applynya. Pertama-tama bikin janji dlu kalau mau serahkan aplikasinya lewat web ini : https://web.esteri.it/prenotaOnline/login.aspx?cidsede=100025&returnUrl=/prenotaOnline/

Kalau penuh cek terus jadwalnya tiap hari, karena sering-sering berubah, kadang bisa full tu satu hari, kadang juga bisa jadi ga full dalam 1 hari yang sama. Contohnya saya cek tanggal 28 bulan Juni dilihat eh dah full, besoknya gw cek lagi tu tanggal, bisa bikin janji di hari itu.. grrrr. gara-gara travel agent tuh pada booking-in tanggal jadi yang mau apply sendiri susah deh. :p

Kalau udah daftar di web tadi dan sudah bisa bikin janji nanti di web itu ada keluar jam nya juga di print out yah dan dibawa pada saat datang ke kedubesnya. Oh iya ga usah peduliin jam nya yg tercantum pada appoinmentnya, datang aja tetep pagi-pagi tar juga dikasi nomor urut pertama ga bakal disuru nunggu apa jam yang di buat pada saat online kok. Didalam cuma ada 3 loket yang dibuka jadi kalau rame bisa lama banget tuh nunggunya, makanya dateng aja pagi2, gw aja ampe sarapan didepan kedubes, biar praktis.. buang sampahnya minta tolong si security. :p kalau mau pipis minta ijin masuk dlu ke WC aja. : )

Nah apa aja si dokumen yang mesi disiapkan :
1. Paspor yang masih berlaku - nanti ditahan seperti biasa kalau lagi apply visa samap fotokopi paspor 4 halaman pertamanya.
2. Foto 3,5 * 4,5 latar belakang putih - tanya aja ma tukang foto deh, merka da ahli : D
3. Surat keterangan bekerja (sponsor) dari perusahaan buat apply visa - minta dah ma company lo kerja, atau ga perlu kalo punya perusahaan sendiri lampirkan saja fotokopi surat perusahaan situ. Kalau surat sponsor perusahaan yang ini dikasi asli ga bisa fotokopian.
4. SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan)- yang ini WAJIB nih, walaupun ga punya perusahaan minta sama tempat lo bekerja aja. kalau ga dikasi mengemis dah dgn seribu alasan :p. kedubes italia rese soal SIUP ini. nah gimana kalau lo bekerja di perusahaan Tbk kan susah SIUP nya da ga berlaku. Kalau gw sih tetep aja kasi yang udah ga berlaku ntu, sebodo amat, dia ga ngerti ini kalau udah tbk ga pake SIUP. :p
5. Tabungan atau deposito (IDR atau mata uang lainnya) kalau bisa lebih dari atau setara 50jeti per orang - fotocopynya aja, kalau dia minta aslinya baru kasi lihat (dibawa waktu pengajuan aplikasi -sapa tau dia pengen liat, dan jangan ada dana dadakan masuk dalam 3 bulan terakhir, kalau bisa udah dari jauh2 hari dimasukkin dananya.
6. Ini penting nih TIKET PESAWAT yang sudah dibooking untuk pulang dan perginya, kasi fotokopinya aja, ga dibalikin pas terima visa. gw mesi print lagi deh tuh gara2 ditahan. T.T)
7. Ini juga penting konfirmasi BOOKING-an HOTEL ataupun HOSTEL atau apapun juga selama situ tinggal di eropa yah. konfirmasi booking.com boleh kok. : )
8. Travel Insurance juga penting nih, kalau bisa ambil yang pertanggungan paling besar biar ga ditanya-tanya, beda nya dikit kok. juga kasi ke mereka fotokopi nya aja, tar ditahan, gw terpaksa minta lagi deh ama agent insurance nya. T.T) Kalau bisa ambil Insurance Company yang sudah Go International yah!!
9. fotokopi KTP, KK, Akte lahir - bawa waktu pengajuan dan keluarin pas dia minta aja pas periksa, kalau ga diminta ga usa di keluarkan deh.
10. Isilah form yang bisa diambil secara online : http://www.ambjakarta.esteri.it/NR/rdonlyres/A53E6204-260F-4ECF-A75C-D459D93F760E/0/Nuovoformulariovisti20101.doc
itu buat yang untuk travelling turis aja,

Nah kalau pake tour gimana dunk tiket dan konfirmasi bookingannya? ga usah panik, minta aja surat2 nya dari travel agent dan surat jaminan dari travel agent atau apalah namanya, nanti dikasi kok sama si travel agent.

Biaya bikin visa tuh 60 Euro atau dipatok dalam indonesia rupiah 700.000 (saat gw apply 2011)

Kalau mau informasi lebih lengkap cek di web ini : http://www.ambjakarta.esteri.it/Ambasciata_Jakarta/Templates/Pagina_Interna.aspx?NRMODE=Published&NRNODEGUID={269633E4-73D7-4E21-9732-7E885B209B1F}&NRORIGINALURL=%2fAmbasciata_Jakarta%2fMenu%2fIn_linea_con_utente%2fModulistica%2finformazioni_visti.htm&NRCACHEHINT=NoModifyGuest

Slip penerimaan uangnya ga banget deh. kaya gini :
Lihat kan, cuma kertas hasil fotokopi terus di tulis tanda terima nya. hahahahahaha :D











Nanti juga dikasi nomor untuk pengambilan aplikasi visanya, seperti ini :
Harus dibawa pada saat pengambilan visa, dan juga kalau diwakilkan pengambilannya sama orang lain juga bisa, nanti dia kasi format fotokopian lagi yang tinggal diisi. ga perlu meterai-meterai an segala.



Pengambilan visa itu mulai jam 14:00, datang aja jam 13:30 an deh, biar antrian ga panjang, kecuali kalau ada yang ambilin buat situ, yah terserah deh. Soalnya mau ngambil visa nya ambil nomor lagi dari 1. :p






Proses visa mereka sebenarnya cuma 7 hari kerja sudah jadi, cuma disuru balik lagi 2 minggu kemudian atau 10 hari kerja. Kalau udah 7 hari cek aja status nya via telepon udah jadi apa belum atau ditolak apa kaga. :p

Nah kalau aplikasi visa sudah selesai nanti ditempel deh visa nya dipaspor :

Nah lihat kan visa dikeluarkan tanggal 07 Juli 2011 padahal gw apply tanggal 28 Juni 2011.

Makanya kalau mau penasaran cek aja via telp udah jadi apa belum. hihihihihi :p

Selamat mencoba!! Percayalah lebih hemat daripada suruh Travel Agent urus visa nya. :p

43 comments:

  1. Halo, saya juga ingin apply visa schengen via kedutaan italy. Saya pernah mendapat visa schengen thn 2011 kmrn dan 2012 ini ingin ke eropa lg. Nah tp perusahaan tmp saya bekerja tdk mengijinkan SIUP itu unt "disebar" aplg unt urusan pribadi (bkn urusan kantor). Nah saya bingung bagaimana ya solusinya? Krn setahu saya, SIUP itu hny diminta klau kita pny perusahaan sendiri. Apakah kedutaan Italy berbeda dng kedutaan2 lainnya? Terima kasih yaaa... :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ini yg repot. Waktu itu ada yg kurang siup malah disuru balik bawa siup. Setiap kedutaan punya cara nya sendiri dalam apply visa. Itulah repotnya, dan yg paling bikin ribet memang si kedubes italia. Solusinya mungkin masuk eropa pertama kali jangan lewat italia. Tapi kalau memang sudah terpaksa harus Italia, yah apa boleh buat, seperti saran gw sebelumnya mengemis lah dengan beribu-ribu alasan. :p

      Delete
    2. Bosan bekerja di Indonesia dengan penghasilan yang segitu2 aja?? Gak pengen nyoba kerja di Luar Negeri dengan penghasilan yang luar biasa??
      Ayo saya mengajak teman2 untuk ikut bergabung mencapai mimpi untuk masa depan, jangan tertawa,jangan menganggap remeh tulisan ini.

      Simak dengan baik dan hati-hati


      Bagi anda yang ingin bekerja di Luar Negeri ( United Kingdom, Amerika Serikat, Australia, kanada, Japan, Korea ,dst )

      saya menyediakan jasa pembuatan Visa + Pekerjaan di luar negeri bukan jasa abal-abal atau penipuan, sudah banyak klien saya sudah berangkat dan bekerja 70% di United kingdom ( inggris ) dan 30% nya terbagi ke berbagai negara . TERBUKTI !!! ( saya akan menemani sampai ke negara tujuan )


      Fasilitas:

      - Tempat tinggal beberapa hari
      - Pekerjaan
      - Makan
      - Dll

      Info lebih lanjut bisa menghubungi saya di 0838 7180 4878 Raffles, untuk yang serius ingin kerja saja selagi masih ada kesempatan


      NB: Not For Free

      Delete
  2. Saya mau tanya dong!!

    Saya msh skripsi. Belum kerja berarti saya minta bantuan dr orang tua mengenai surat-surat yg perlu dipenuhi utk proses visa ke italy? Tujuan saya utk liburan. Sendiri,tanpa tour. Kira2 lama saya tinggal antara 1 minggu-3minggu. Menurut anda,akan sulit utk saya/tdk dlm mendapatkan visa ini? Kelengkapan dokumen spt bukti rek saldo trakhir di bawa pd saat interview? Minimal saldo 50jt itu saldo trakhir pd saat hari itu di print out atau gmna? Mohon info nya ya terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa harus sulit?? Kalau lebih muda ke eropa lebih bagus.. Harga nya jauh lebih murah masalah transportasi.. Bukti rekening orang tua dunk.. Kan biaya perjalanan dari ortu jadi yg dijadikan referensi bukti keuangan orang tua. Minimal pada saat terakhir atau 3 bulan terakhir. Deposito juga boleh dilampirkan.

      Delete
    2. Iya sih! Tp saya agak ragu, klo saya minta ijin tinggal 2 minggu di italy stay sendirian di hotel.apa gak jd pertanyaan nanti ? Pd saat interview di kedutaan? Pengalaman anda bagaimana pd saaat sampe di bandara (roma,italy)? Banyak pertanyaan dr petugas disana gak? Terima kasih

      Delete
    3. Asal tujuan jelas dan detail sih, ga bakal byk pertanyaan... Sampe di roma, cuma ditanya mau brapa hari di italian dan mau ngapain aja n nginep dimana. Cuma itu doank yg ditanya...

      Delete
  3. wahhh membantu banget nihh, saya juga mau apply ke kedubes italia, sebelumnya pernah kesana, tapi karena dapat beasiswa, jadinya waktu itu cuman ongkang2 kaki udah dapet visa T__T... skg nih giliran mau ksana jadi turis malah pusing... beneran saldo 50juta? setau saya di tabungan cuman harus ada minimal 45 euro/hari x banyaknya hari kita disana. lalu yg minta di plaza abda itu apa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget saya sih harus minimal sekitar 2800euro... Dalam bentuk tabungan atau deposito juga boleh... Makanya biar mulus siapin aja 50jeti aja.. Hehehehe :p

      Diplasa abda itu kedubes inggris, jadi kalau mau ke inggris harus apply visa lgi tuh.. Karena schengen ga berlaku...

      Delete
  4. mas, ini darurat banget. saya kan lagi apply visa UK tgl 24 may, terus rencana nya setelah itu mau apply visa schengen (italy). tapii sampe sekarang masih belom selesai visa inggrisnya (tgl 12 juni) dan saya butuh secepatnya karna italy ngasih waktu tgl 13 juni apply (ngasih paspor) dan paspor saya masih di visa inggris. masalahnya saya mesti berangkat tanggal 23 juni. kira2 apa ygmesti saya lakukan? masih mungkinkah saya pergi ke italy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. WKtu yg kamu persiapkan terlalu mepet.. Sya sih ga bsa jamin apa2 kamu bisa pergi atau tidak, lain kali mungkin perlu atur jadwal lebih dini. :) kalau tidak coba apply visa di inggris untuk schengen jika waktu di inggris cukup lama. Coba saja ke konsulat indonesia di london.

      Delete
  5. mas aku mau tanya. tnggal 28 juni ini aku mau apply visa. nah, aku itu pake invitation. jadi pacarku yng cocering semua. dia yang sponsorin. kira2 susah nggak ya dapetin visa kalo yang covering pacar? dan ada dana minimal juga nggak di rekening aku? makasih mas

    ReplyDelete
  6. Tetap aja tabungan kamu harus ada cuma minimalnya ga bsa ditentuin sih.. Yang pasti harus diberikan bukti juga kalau pcar kamu yg membiayai selama di eropa.

    ReplyDelete
  7. Mas Prince ada alamat emailnya gak?
    saya mau tanya2 juga. Trims.

    ReplyDelete
  8. Bisa minta tolong informasikan no.tlp yang dihubungi untuk menanyakan apakah visa yang sudah di apply sudah selesai atau belum. Atau menanyakan status visa tersebut. saya sangat butuh info ini, please !

    ReplyDelete
  9. Mas mau tanya, kalau aku mau apply visa italy untuk turis selama 3bln apa bs ya?? Soalnya rencana aku mau backpackeran keliling eropa sma tmen2ku dr italy, dan mereka katanya bs ngasih surat sponsorshipnya untk jaminan ak dsna,. Mohon bantuannya ya maas, soalnya CSnya kedubes italy g membantu sma skali huhu makasiii banyak... :))

    ReplyDelete
  10. Halo, yang apply visanya boleh pake perwakilan tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa diwakilkan.. harus datang.. karena kalo pake agent juga agentnya disuru nunggu diluar tuh..

      Delete
  11. Mas, mau tanya dong..
    saya skr lg sekolah di Beijing China dan berencana untuk ke Amsterdam dalam waktu dekat.
    Apakah bisa saya buat Visa Schengen di kedubes Belanda yang di Beijing, tidak usah ke Indonesia?
    Lalu kalau bisa, apakah prosedur pembuatan nya akan berbeda dengan membuat di Indonesia? Karena saya warga negara indonesia yang kuliah di China. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah coba tanya konsulat indonesia di beijing deh..

      saya kurang tau, kalau masalah itu..

      Delete
  12. mas mau tanya, saya mau buat italy schengen visa, cepetan ke kedubes italy ato lewat VFS(visa centre) yg di plaza abda? soalnya appointment saya tgl 29 april dan flight saya tgl 9 mei.
    makasi mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepetan visa italy ketimbang inggris.... karena di plasa abda itu visa inggris..

      Delete
  13. malam mas saya awam banget nih utk pengurusan visa dan baru pertama mau ke eropa rencana sih mau ke Italy dulu kebetulan di sana saya ada temen , saya berencana ke italy sekeluarga(5)rencana juga saya mau ke belanda,jerman, perancis, portugal yang mau saya tanyakan
    1.saya harus apply ticket atau visa ?
    2.selain visa Italy apakah saya harus apply visa dr negara lain?
    3.apakah saya harus berbicara ke dubes italy bahwa mau ke italy ketempat teman? krn teman saya sebagai atase militer disana? takutnya di persulit atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. yg pasti apply visa pak.
      2. kalau udah dapet schengen tidak perlu lagi visa yang lain
      3. tidak perlu, yang penting pastikan saja kesana hanya untuk liburan dan bukan untuk tinggal.

      Delete
  14. mau tanya, kalo bikin visa turis (3hr saja) yang berangkat dr london-italia bikinnya di indonesia apa bisa? krn waktu saya nanti dilondon hanya 3hr saja (wisuda). untuk visa turis apa perlu juga sponsorship n SIUP ktr kita bekerja? krn saya ke italy hanya berlibur jd tidak ada sponsornya terima kasih.
    Lian/surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti bisa selama kamu WNI... kalau belum bekerja pakai referensi tabungan orang tua saja yang membiayai perjalanan tersebut.

      Delete
  15. hi, mau tny waktu submit doc ada interview ga? Harus pake baju formal gt ato blh pake jeans?
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada interview2an.. wong cuma ditanya didepan loket gtu doank.. ga perlu resmi-resmi amat.. tapi juga jangan lusuh kaya gembel tar diusir.. :D

      Delete
  16. Mas Mau tanya, kalo visa saya yang issued adalah dubes jerman, tetapi negara pertama yg di singgahi adalah prancis itu gimana yah? bermasalah gk yah di prancis nya?

    ReplyDelete
  17. maaf prince mu tanya saya ada rencana mu pergi ke italy tapi saya gak tahu harus bikin visa nya kemana. saya pergi hanya untuk mengunjungi teman untuk beberapa hari dan saya mu tinggal di rumah nya gimana tuch caranya sedangkan saya gak punya SIUP karena saya tidak bekerja.tolong beri tahu bagaimana cara dan syarat - syarat nya trus cara apply visa lewat online.thank yach atas bantuannya.

    ReplyDelete
  18. Mau tanya, saya rencana mau ke italy ke temen, tapi rencanax bulan Juni thn ini, apa masih bisa dapat visanya kira2? Terus saya kerja PNS dan tdk punya SIUP gmn? Apa yg harus sy persiapkan? Bisa tidak klu bikin visa lewat online? Soalx saya tinggal di manado. Thank you, urgent respond :)

    ReplyDelete
  19. Selamat siang Mas Prince, saya mo tanya nih utk urus visa ke inggris kan sekarang pake isian via online, nah semua udah saya isi tapi kok di status tetp aj Incomplete padahal udah cek berulang2 kali termasuk dicek sama anak saya (yg katanya udh ke isi semua) kenapa ya? kalo kita mo konsultasi langsung ke plaza abda bisa gak ya.

    thank's atas konsultasinya

    salam,
    dwidjo

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada berbagai isian belum terlangkapi jika isian tersebut warna kolom masih hitam, berikut isi kolom tersebut masih belum terisi lengkap, jika lengkap warna kolom berwarna hijau.

      Delete
  20. Dear Bpk dan ibu yang terhormat, berikut kami informasikan untuk jasa pengurusan passport dan visa di jakarta. untuk informasi visa dan paspor bisa di lihat di web kami BAHANA DOCUMENT SERVICES www.bahanadocs.com ,

    kami pun bisa membantu rekan rekan dalam pengurusan visa dalam rangka turis , business, invitation family.

    jika ada pun anda kesulitan utk appoitment dan butuh informasi visa kami siap membantu anda. for informasi 021-70642733 Bahanadocs.com

    ReplyDelete
  21. Klo ngurus visa residence gmn?
    Prtanyaan interviewnya apa aja

    ReplyDelete
  22. Sekedar menginformasikan bagi yang membutuhkan !
    Asuransi Perjalanan atau Travel Insurance saat ini telah menjadi sahabat perjalanan kita. Sahabat yang selalu melindungi kita dari kemungkinan munculnya multi resiko di dalam setiap perjalanan; dari kehilangan dan keterlambatan bagasi, penundaan penerbangan, pembajakan pesawat, kehilangan barang/benda pribadi, sakit yang muncul tiba-tiba di perjalanan, hingga resiko ekstrim yakni kehilangan jiwa karena kecelakaan.
    Kedutaan negara-negara eropa di Indonesia telah sejak lama mewajibkan untuk mengikutsertakan sahabat kita ini dalam pengajuan visa sebagai sebuah prasyarat mutlak.
    Bagi sahabat-sahabat kami, rekan-rekan, handai taulan, hingga sanak keluarga, yang hendak melakukan perjalanan wisata/dinas ke Luar Negeri selain negara Eropa, pun tidak ada salahnya untuk mengikutsertakan sahabat kita ini.

    AXA Insurance memberikan kemudahan layanan penjualan yang dapat diakses 24 jam melalui situs
    http://axa-insurance.co.id dilanjutkan dengan klik Beli Online.
    Atau salin dan tempel URL ini http://indonesia.merimen.com/epolicy/index.cfm?fusebox=MICpolicy&fuseaction=dsp_polcreate2&iprodid=93&iicoid=712001&mcvid=0&iacoid=0&icstid=1350&agentcode=&SYSXATTRTOP=1&CFID=43029804&CFTOKEN=934db7d404885ec1-AAACF1BF-D4AE-5267-4E69A1E743EE3985&USID=483&RID=4978504&LF=EPLAXAID

    Terdapat potongan 10% bila anda memasukkan (salin & tempel) Kode Promosi: P02H750I
    Selamat mencoba dan terima kasih atas perhatiannya !

    ReplyDelete
  23. siupnya fotokopi kan? soalnya perusahaan tempat saya bekerja ngak bakal kadi yg asli..cuma fotokopian aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya fc tak apa.. saya juga fc waktu itu.. utk syarat baru mohon liat ke vfs global yah mba..

      Delete
  24. Hi, saya mau tanya apakah untuk membuat visa Schengen harus melalui VFS? Apakah bisa saya ke kedutaan Italia langsung?

    ReplyDelete
  25. Selama ini sepanjang pengetahuan kamibeberapa kedutaan schengen sudah menunjuk outsourcing company untuk menangani aplikasi visa yang salah satu nya VFS.

    Yang pasti salah satu persyaratan yaitu Travel Insurance harus disiapkan. AXA Insurance memberikan program diskon 10% bagi yang melakukan pembelian secara online. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi website kami di http://www.rizkgoconsulting.com/promotion.html

    ReplyDelete
  26. Well, it’s a nice one, I have been looking for. Thanks for sharing such informative stuff.new zealand eta for Italian Citizens

    ReplyDelete
  27. Really nice post, your blog is interesting and so informative. Wait for your next blog post.Visto turistico per l'India

    ReplyDelete