Monday 15 August 2011

Mengurus visa Inggris (UK) di UK Visa Application Centre

Bagi yang ke eropa dan sekalian ada budget lebih untuk mampir ke UK alias Inggris, mending buat visa manual aja ga pake agent seperti waktu gw buat visa schengen di kedutaan Italia.

Berikut adalah alamat tempat UK Application centre :
 PT. VFS Services Indonesia
Plaza Asia / Plaza Abda 
Lantai 22, Zone B. 
Jl. Jend. Sudirman Kav. 59, 
Jakarta 12190
Telp : 021-51401583
http://www.vfs-uk-id.com/

Datang pagi2 kesana sesuai jam buka. Jgan perduliin waktu arrangement penyerahan aplikasi deh.. hehehe :p
Nanti dapat nomor untuk collection dan information - Gawat nya cuma 1 loket tuh buat nyerahin. Lebih gawat dari kedubes Italia.

Mereka ada 2 loket khusus untuk travel agent, cuma collection nya tetep aja cuma 1. Jadi urus sendiri aja.. Karena mereka ada time control dalam pelayanan jadi sesuai experience ane gan, yang apply sendiri itu didahulukan apalagi pas ngantri untuk biometric dan pengambilan foto lagi disana.

Secara lengkap mereka ada 5 loket, 2 untuk travel agent, 2 lagi untuk administrasi expatriat, 1 lagi untuk yang apply sendiri.

Karena susah jadi ga bisa foto nyolong2 deh ambil pic nya didepan pintu masuk application centre nya. :p

How to get there??naik mobil pagi2 lewat, loe bisa kena 3 in One gan, kalo ane sih parkir disarinah terus naik busway ke plasa abda, turun di halte gelora bung karno. letaknya persis didepan FX. Kalo situ mau sewa joki sih tersrah deh. : )

Cara apply nya mesi buat aplikasi manual nya online di web ini
http://www.visa4uk.fco.gov.uk/ApplyNow.aspx

Bener deh ini web makan waktu isinya.. cape juga. hehehehe :) banyak bo pertanyaannya.
Setelah selesai di print out nya hasil isiannya untuk dibawa ke application centre nya

http://www.ukvisas.gov.uk/resources/en/docs/1903073/supportingdocsvisituk
Print list ini juga sebagai nanti digunakan cek list mereka. Oh iya untuk tambahan dokumen lengkapi yang bagian general visitor aja. yg family dan lain2, ga usah diperduliin dah.

Dokumen kelengkapan sama lah kaya di Italia, bedanya siapin fotokopi dokumen2 pendukung yang harus disertakan ketika isi pada form ada pendapatan lain dari mana kek, asset2 yang dibeli (ga penting banget jadi gw ga kasi diapprove juga tuh :p) Cuma modal cerita doank sih. Oh iya asal usul pendanaan penting sekali bagi kedutaan inggris untuk menyetujui visa jadi terangkan asalnya dengan detail dan sertakan bukti pendukung nya kalau dibiayain orang lain, misalnya bank statement yang biayain kepergian agan.

Setelah selesai, kini giliran bikin janji ketemuan via link ini
https://www.vfs.firm.in/id-apptsystem/appscheduling/appwelcome.aspx

Seperti yang sudah gw ceritakan, bisa dateng aja tanpa perduliin jam nya. abis disana dikasi nomor antrian lagi. :p

Kalau udah di print out juga hasil appointment online nya. Siapkan dokumen2 yang ada pada check list. Tinggal dibawa deh ke alamat diatas.

Penyerahan aplikasi dibatasi sebelum jam makan siang. yaitu jam 12an.

Nah kalau pake tour gimana dunk tiket dan konfirmasi bookingannya? ga usah panik, minta aja surat2 nya dari travel agent dan surat jaminan dari travel agent atau apalah namanya, nanti dikasi kok sama si travel agent.

Biaya bikin visa tuh dipatok dalam indonesia rupiah 1.140.000 (saat gw apply 2011)


Nah itu disebelah ada slip penerimaan uang sekaligus slip buat ambil paspor kalo nanti visanya udah jadi
Oh iya kalo nanti ambil visa nya diwakilkan bawa surat pernyataan bahwa yang ambil dokumen, diatas meterai loh!

Cek lewat inet aja apakah aplikasi nya udah disetujui apa belom, mereka sih nawarin jasa via sms cuma dikenain biaya lagi 25ribu. gw sih ga usah deh..ngapain cumabuat gtu doank bayar 25rb.. gelo

Proses nya untuk visa agak lama dari Italia nih, waktu gw apply visa schengen. dari jadwal kasi 27 july 2011 baru selesai 10 Agustus 2011 baru bisa diambil di application centre tanggal 11 Agustus 2011. Artinya ada jangka waktu sekitar 10 har kerja tuh!

Nah kalo ambil visa nya yang ini beda deh, selama jam kerja bisa diambil paspor nya udah ditempel visa nya. sama lagi ambil nya dibagian collection & information.

kalo rada siang ambilnya jadi antri sebentar deh, paling juga 15menitan.

Kalo da terima nanti ditempel deh visa nya dipaspor seperti biasa
Dan percayalah, anda akan hemat ratusan ribu rupiah lagi. daripada kasi travel agent duitnya cuma buat cek list dan nunggu lama di application center cuma buat biometric dan foto disana, karena yg apply sendiri didahulukan dengan adanya time control. hehehehe :p

Cuma satu keluhan gw disana, pekerja nya lelet ga gesit kerjanya. tempat sih nyaman lah disediain air minum pula. resenya masa suruh matiin handphone kaya mau gw aktifin bom aja via HP. :p

Sekian pengurusan dokumen ijin kenegaraan selama aye dan istri ke europe without using travel agent. :D



No comments:

Post a Comment