Sunday 21 August 2011

Jangka waktu persiapan sebelum pergi ke eropa sendiri tanpa travel agent

Persiapan jalan-jalan ke eropa tanpa tour guide alias travel agent harus sangat detail.

Yang pertama harus lakukan adalah booking pesawat jauh2 hari sebelum keberangkatan. Kalau terpaksa bayar, yah bayar aja dlu. toh refund ticket nya masih bisa jadi cash (walaupun nanti kena potongan minimal masih bisa balik duitnya).

kedua siapkan itinery selama disana. mau ke kota apa, di hari apa aja, dan kemana aja selama hari tersebut. Kemudian hitung jumlah harinya sebagai persiapan pemesanan tiket pulang pergi dari eropa.

Setelah booking pesawat, kemudian booking hotel. referensi gw sih pake aja www.booking.com sudah terkenal secara worldwide dan banyak di gunakan oleh orang barat. Lagipula ga usah byar dan masih bisa dicancel jauh-jauh hari tanpa kena biaya.

Jadwalkan pengurusan Visa schengen dan UK. penting karena kalau bisa 1 bulan sebelum berangkat visa sudah selesai dan ada di tangan. : ) Lama pembuatan visa bisa cek di post sebelumnya di blog ini.

nah ini yang paling penting. segera beli tiket kereta api, jika kalau rute dan tanggal sudah fix, karena kalau dekat2 atau jarak nya cuma 2 minggu bisa-bisa beberapa rute sudah full bisa kacau deh rencana itinery sebelumnya.

reserved dan beli tiket kereta 2 bulan sebelum keberangkan. Itu jarak safety nya,pengalaman gw rentang nya cuma 1 bulan, hampir aja ga kebagian seat. : )

tiket kereta api bisa pake eurail pass yang bisa dibeli di www.eurail.com
kalau beli pass gini belum dijamin tempat duduknya jadi mesi reservasi tempat duduk nya.

Kalau mau bikin reservasi tempat duduk atau mau beli tiket nya point to point alias ga pake pass bisa mengunjungi situs ini www.rail-europe.com

Percayalah travel agent saja menggunkan jasa perusahaan dengan web diatas. harganya lebih murah daripada beli di travel agent disini. :p

tiket pesawat --> check
booking hotel --> check
tiket kereta --> check

oh iya time line pembelian sebagai berikut :
tiket pesawat --> 7 bulan sebelum keberangkatan
booking hotel --> 8 bulan sebelum keberangkatan (kalau pas ketemu high season, kalau bisa 10 bulan sebelumnya)
tiket kereta --> 2 bulan sebelum keberangkatan
Visa --> 3 bulan sebelum keberangkatan.

Kalau paspor da tewas alias sudah hampir mau habis, cepat2 ganti deh. karena passport harus lebih dalam jangka waktu 6 bulan masa berlakunya bila ingin bepergian ke eropa. jadi 10 bulan sebelumnya da urus tu passport.

Tips dari eike, coba tanya teman-teman, kerabat, saudara, atau siapapun yang sudah ada atau berpengalama cukup lama di eropa sebelumnya mengenai keadaan disana selama rencana kepergian. Penting, jadi kita sudah prepare mengenai suhu disana, perbedaan waktu serta kultur dan bahaya apa aja yang mungkin mengamcam disana.

Bisa juga kalau sudah pengalaman sekali, sekalian bisa minta bahan tempat-tempat bagus yang ga dikunjungi sama si travel agent (biasanya banyak tuh) :p
Lalu sekalian korek informasi berapa kira2 harga transportasi disana dan bagaimana cara mendengarkan intruksi selama dikereta atau MRT disana. Sebab bahasa yang diapakai tuh cuma bahasa orang sono.

penting untuk download semua rute MRT dan bus disana. cek aja lwat google, pasti langsung dapet.
Kebanyakan negara eropa memanggil MRT dengan Metro, jadiin keyword digoogle metro paris map.

beda kalau di london bilang MRT itu tube, jadi keyword di google tuh tube london map. :D

cek juga lokasi hotel sebelum melakukan booking, karena kalau bisa hotelnya jangan jauh2dari tempat wisata yang akan banyak dikunjungi. jadi preview dlu map nya di google sebelum booking.

Sekian persiapan yang penting yang jauh-jauh hari harus dilakukan.
Semoga berguna, dan bisa menjadi acuan yang ingin bepergian ke eropa ga pake tour.

No comments:

Post a Comment