Sunday 14 September 2014

Jalan-jalan ke New Zealand dengan sewa mobil

Sebelumnya inilah itinery saya selama di new zealand
Jakarta - Christchurch - Tekapo Village - Mt Cook Village - Queenstown - Milford Sound(via Te anau) - Franz Josef Village - Grewmouth - Christchurch - Rotorua - Matamata - Waitomo - Auckland - Jakarta

Dari jakarta ke christchurch saya ambil pesawat singapore airlines, karena direct dari singapore dan waktu yang lebih singkat. kalau penerbangan lain lay off nya cukup lama..
berikut perbandingan waktu kepergian saya
Singapore Airlines


Air New Zealand (Garuda Indonesia)


Karena waktu di pesawat lebih singkat jadi saya pilih SQ. karena rugi waktu jalan jalan nya kalau kelamaan di bandara dan pesawat.

Sampai di christchurch saya langsung ambil mobil yang telah saya pesan sebelum nya lewat web AVIS, berikut adalah daftar perusahaan penyewaan mobil yang cukup bonafit dan punya cabang yang banyak sehingga kalau terjadi apa-apa dijalan bala bantuan gampang datang.. :)
1. AVIS
2. BUDGET
3. EUROPCAR
4. APEX

kalau saya pilih mobil yang small soalnya yang paling murah dan ga butuh space byk, karena pergi cuma berdua.. :)

sebelum berangkat dengan mobil beli kartu sim dulu, saya pilih vodafone seharga NZ$49 karena dapat kuota 2 GB, telp 100menit dan puluhan SMS gratis.. serta pulsa $10. lumayan deh kalau ada apa-apa bisa telepon sana sini.

jangan takut nyasar dikota... karena kota nya yang besar dari itenary diatas cuma auckland kedua christchurch dan kota nya pun belum sebesar surabaya atau medan..

aplikasi waze sangat berguna didaerah kota, kalau mau mengunjungi tempat tertentu diluar jadwal, tapi kalau takut nyasar jalan ke luar antar kota pakai sygic app saja.. petunjuknya bagus. jadi ga usah khusus-khusus beli / pinjam navigator.. :)

oh iya, setir nya sama kaya di indo kok, sebelah kanan jadi buat orang indo jadi gampang.. hehehehe

Bensin ron 91 rata-rata 2 dollar seliter tapi jangan takut disana ga macet kecuali auckland. jadi mobil setara yaris itu bisa sekitar 14-15 per 100km dan mobil setara camry bisa 9-10 per 100km. yang ga biasa bayar bensin nya sekali isi bisa 400-500 ribu kalau di kurs dan yang setara camry 1 juta an bo. ( dengan catatan setiap sampai tiang sudah ditengah langsung isi poll.

Ini adalah itenary lengkap saya :


saya pilih awal bulan sept karena awal musim semi dimulai dan cuaca ga bakal dibawah 5 derajat celcius pada saat malam.. jadi kisaran suhu nya adalah 7 - 15 derajat. tetap dingin sih, jadi siapkan baju dan celana yang cukup tebal aja.

makan di resto atau cafe itu sekitar 10-35 dollar... dan porsi kalau ceking kaya gw ga bakal abis deh..

Berikut adalah itenary yang saya buat selama di negara kiwi... ga terlalu banyak yang melenceng dari jadwal kok.



https://drive.google.com/file/d/0B0M9hJUo47-1UEY3TTdnTFdpcUE/edit?usp=sharing

happy travelling

5 comments:

  1. Halo. Thanks buat infonya yang lengkap dgn peta juga :D saya lagi cari info jalan-jalan ke NZ, mau sewa mobil sendiri krn ajak orang tua. Kalau boleh tau, perjalanan berdasarkan itinerary di atas itu kira-kira biayanya berapa ya? Thanks.. :)

    ReplyDelete
  2. sekitar 40 jutaan something deh.. :) per orang.

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Hi... Sy rencana mo ke nz jg, dgn rute yg hampir sama. Lg ngitung budget utk mobil en bensin... Kalimat yg "14-15 per 100km".,itu mksudnya per 100km, ngabisin 14-15 ltr bensin ato 14-15 dollar?? Tks

    ReplyDelete